Jangan coba-coba dengan kuliah

Apa gunanya anda kuliah????

Pernahkah anda membaca buku karya Bambang Q Anees yang berjudul “Nggak Sekadar Ngampus”? Saya sangat tertarik dengan seluruh isi buku itu. Karena berisi fenomena kenyataan yang selalu gentayangan di kalangan mahasiswa sekarang ini.

Apakah anda seorang mahasiswa? Atau apakah anda berkeinginan menjadi seorang mahasiswa?

Jika anda seorang mahasiswa atau ingin menjadi mahasiswa. ini sangat penting buat anda. Semua orang memiliki cita-cita bukan? Namun apakah ada suatu patokan, dengan kuliah kita bisa menemukan masa depan seperti yang kita cita-citakan. Banyak orang yang lebih berhasil daripada seorang tamatan sarjana, seperti lulusan SD, SMP atau SMA. tidak usah jauh-jauh, saya mengenal seorang penulis, walaupun dia tak mengenal saya. Heh.....

Dia telah menghasilkan banyak buku, dia bukan lulusan sarjana, dia hanya sempat singgah di salah satu universitas di indonesia, Kalau tidak salah namanya Ahmad Sofyandi. Pertanyaannya sekarang, apakah orang di sekitar anda, yang memiliki banyak embel-embel di belakang namanya telah menulis satu buku ? Walaupun ada, lulusan universitas kita saat ini lebih banyak yang hanya menulis skripsi, tesis atau apalah itu, yang hanya dipajang di perpustakaan kampus, itupun kalau di pajang, bagaimana kalau hanya disimpan di lemari saja? mungkin skripsi atau tesis yang ditulis itu telah hilang dimakan tikus. Ini hanya secuil contah aja.

Bukannya saya mempengaruhi anda untuk berhenti kuliah atau berhenti berkeinginan menjadi seorang mahasiswa, namun hanya menyarankan supaya anda mulai mencari celah-celah untuk menggapai mimpi yang telah lama tersumbat oleh kemauan dan keberanian anda yang saat ini mungkin dangkal (bukan untuk semua), jangan sampai anda duduk di bangku kuliah hanya sekadar gengsi belaka. Atau paksaan dari orang tua, karena itu adalah sebuah nestapa.

Jujur awal kuliah, saya tidak memiliki tujuan, saya hanya berjalan untuk mengikuti kemauan orang tua saya dan gengsi saya yang tinggi, namun setelah saya membaca buku-buku “menerobos kesuksesan” dan belajar dari teman-teman saya yang telah sukses, Jiwa saya mulai terang oleh pelita-pelita yang semakin hari semakin terang, menerangi mimpi, yang selama ini gelap-gulita. Mulai mendaki, jika saya umpamakan saya telah berada pada lereng sebuah gunung, karena selama ini, saya hanya berputar-putar pada sebuah hutan tanpa arah dan tujuan.

Inti dari tulisan ini ialah membangunkan anda dari tidur yang terlalu panjang, tanpa memiliki mimpi pada suatu kenyataan, karena di waktu kuliahlah, kita lebih memiliki waktu untuk menemukan jati diri kita yang sesungguhnya. Jangan sampai anda menyesal, karena gelar bukan suatu yang harus di banggakan berlama-lama, melainkan bukti kemampuan anda untuk bertengger di puncak kesuksesan.

“Mungkin sampai disini dulu, karena saya sudah ngantuk”

“Salam sukses”

Penulis: Ferdinaen Saragih

0 Response to "Jangan coba-coba dengan kuliah"

Post a Comment